DrinksLAMPUNGNewsTechnology

Presiden RI Joko Widodo Resmikan SPAM Dengan Nilai Investasi 1,3 Triliun di Kota Bandar Lampung

Bandar Lampung | Detak Negeri.com

Presiden RI Joko Widodo meresmikan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Kota Bandar Lampung di Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung yang telah dikerjakan pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sejak tahun 2020, pada hari Senin, 26 Agustus 2024.

Peresmian SPAM tersebut merupakan upaya dari pemerintah dalam meningkatkan akses air bersih bagi masyarakat di daerah. “Hari ini kita resmikan Sistem Penyediaan Air Minum di Kota Bandar Lampung. Ini merupakan salah satu proyek strategis nasional di Provinsi Lampung yang sudah dikerjakan sejak tahun 2020,” ujar Presiden Joko Widodo.

Presiden mengatakan bahwa SPAM ini dibangun dengan nilai investasi sebesar Rp1,3 triliun yang dapat memasok air bersih untuk 60 ribu rumah tangga di wilayah tersebut. “Saya melihat tadi, airnya sangat bersih,” ucap Presiden usai meresmikan SPAM Bandarlampung, di Desa Relung Helok, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung.

Dikatakan Presiden Jokowi, seperti yang disampaikan oleh Dirjen Cipta Karya Diana Kusumastuti, air hasil produksi SPAM Bandarlampung ini, lebih bagus dan bersih dari air kemasan karena NTU (Nephelometric Turbidity Unit)-nya (sebesar) 0,8.

“Padahal standar dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) itu NTU-nya sebesar 3, kalau air kemasan sebesar 0,8, jadi lebih bagus (SPAM) Bandarlampung),” Imbuh Presiden.
Untuk itu, Presiden Jokowi mendorong jajaran pemerintah daerah untuk memastikan rumah tangga sekitar dapat memiliki sambungan dari SPAM. “Saya titip Bu Wali Kota, Pak Bupati agar sambungan ke rumah tangga betul-betul didorong agar makin banyak rumah tangga kita yang memiliki sambungan dari SPAM yang kita bangun ini,” ujarnya.

Dalam kunjungan kerja kali ini ke Provinsi Lampung, Presiden Jokowi mengunjungi Bendungan Margatiga di Lampung Timur, meresmikan Pasar Pasir Gintung di Bandarlampung dan proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Bandarlampung di Lampung Selatan.

Turut mendampingi Presiden dalam peresmian tersebut yakni Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Pj Gubernur Lampung Samsudin, Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana, dan Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto. (Yayang Lesmana)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *